Pendingin Laptop Super (Tanpa Nitrogen)

Assalamualaikum wr.wb

Penulis blogg kali ini akan membahas PENDINGIN LAPTOP SUPER, dengan menggunakan 
PELTIER / THERMOELECTRIC, Apa fungsinya ?

Mari kita baca teori dasar dulu.

Thermoelectric generator bekerja berdasar pada theory \textit{Seebeck effect}. Seebeck effect, dalam pengertian yang sama dengan \textit{Peltier effect} dan \textit{Thompson effect}, menjelaskan bahwa perbedaan temperature bisa dikonversikan ke listrik secara langsung. 


Pendingin Thermo-Electric (TEC), juga sering disebut pendingin Peltier atau pompa panas solid-state yang memanfaatkan efek Peltier untuk memindahkan panas. Saat TEC / Peltier dilewati arus maka alat ini akan memindahkan panas dari satu sisi ke sisi lain, biasanya menghasilkan perbedaan panas sekitar 30°C- 80°C dalam perangkatyang high-end dapat digunakan untuk mentransfer panas dari satu tempat ke tempat yang lain.

Teori cukup segitu aja. Sekarang mari kita langsung buat, ini adalah hasil yang telah saya praktikan.

Yang saya lakukan pertama. Kita cari masalah dulu ? iah karena apa yang kita butuhkan untuk mnyelesaikan masalah, baru kita buat alat ini.


Kebetulan laptop saya bermasalah, masalahnya adalah panas berlebih. (Soalnya dipake di atas kasur mulu, jadi pengunci heatsink keteken dan potong) alhasil pipa kapiler yang nyambungin prosesor sama mini fan bawaan laptop jadi longgar.

Setelah itu pasang peltier pada heatsink Prosesor PC (Kalau bisa, diusahakan) Kenapa ? Karena kalau kita pakai heatsink yang kecil peltier akan tetap panas sulit untuk didinginkan. Gambar di sambing contoh salah satu almunium yang umum di gunakan.






Bagian bawah kita taruh peltiernya, bawahnya lagi Heatsink prosesor PC & bawahnya lagi adalah Fan 12V untuk mendinginkan.


Akhirnya rebes, saya sudah coba pakai lumayan laptop saya tidak mati menddak lagi saat digunakan.

*Masalahnya di sini adalah saya belum tahu suhu yang ada pada peltier saat digunakan karena saya tidak punya alat pengukur suhunya. Mungkin nanti saya akan coba lagi untuk menambah artikel ini lagi bagian mana kurang & lebihnya.

Jangan lupa buat sisi panas pada peltier sedingin mungkin. karena jika sisi panas bisa di turunkan sampai 30C maka sisi dingin bisa sampai di bawah 0C.

*-(TAMBAHAN) Sebelum saya menggunakan peltier saya bermain game PES4 kurang dari 15Menit laptop sudah mati mendadak, (Malang sekali laptop saya ini) setelah saya menggunakan pendingin yang saya buat ini, akhirnya main PES4 jadi lancar. haha




Suhu akhirnya ketauan pake aplikasi SpeedFan (Kiri atas, proses baru refresh laptop. Kiri bawah, pas di pake main PES)








*-(TAMBAHAN) nih buat para pembaca, saya ngelakuin eksperimen gila haha. fan yang 12V saya coba ganti pakai ES batu yang telah di remukan + garam. Kita tau bahwa garam itu bisa bikin ES jadi lebih awet sama ES bisa lebih dingin, kalo gak percaya tanya aja sama tukang ES Goyang hehe. Alhasil turun sampe dibawah 40C, lumayan lah.

Untuk rumus perhitungan dari peltier? Cari aja di Wikip***a. hehe

Sekian terimakasih. Semoga bermanfaat.





Sumber:

- Murni hasil percobaan penulis blogg
http://www.vedcmalang.com/pppptkboemlg/index.php/menuutama/listrik-electro/1292-mengenal-thermo-electric-peltier

- Beberapa blogg yang saya lupa linknya (Ma'af)

Share this

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
3 Juli 2015 16.56 delete

kurang jelas gan penjelasannya, step by step dnk gan biar saya bisa coba dirumah
itu bahan2nya apa aja

Reply
avatar
7 September 2015 00.06 delete

itu sudah cukup jelas gan. kurang jelas di bagian mana ? nanti, In Sya Allah. saya jelaskan. bahan utama beli thermo electric (peltier) & aluminium.

Reply
avatar
18 Oktober 2016 21.56 delete

wow extrime fan diganti pake es batu, tambah dingin lebih adem

Reply
avatar
4 Juni 2017 23.57 delete

Gan caranya tau bagian peltier yg panas sm dingin biar ga kebalik begimana ya?

Reply
avatar