Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Hardisk Menggunakan CMD di Windows 7 & 8


Assalamualaikum wr.wb

Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Hardisk Menggunakan CMD Prompt di Windows 7 dan 8, Menjaga kesehatan hardisk sudah semestinya harus menjadi perhatian utama yang harus dilakukan oleh seorang pengguna komputer. Ketika hardisk mengalami gangguan, hal yang paling fatal diakibatkan adalah terjadinya kerusakan dan akan mengakibatkan hilangnya data-data penting yang terdapat di dalamnya. 

Penyebab umum terjadinya gangguan kesehatan hardisk diakibatkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah kepanasan karena sirkulasi udara tidak stabil, terkena air, tegangan listrik tidak stabil, adanya benturan, guncangan pada komputer, mematikan komputer tidak sesuai prosedur, beban komputer yang terlalu berat, usia yang sudah tua, aktifitas komputer tanpa henti, sering install dan uninstall program, tidak pernah melakukan defragment hardisk drive dan masih banyak lagi.

Ciri-ciri hardisk ketika mengalami gangguan atau sedang bermasalah adalah sulit dan lambat dalam membaca data, tidak ada respon, suara yang dikeluarkan mendenging keras, bad sector, mengalami over heat (panas berlebihan) dan lain-lain. Nah, untuk mengetahui kesehatan hardisk, bisa anda lakukan dengan menggunakan Command Prompt (CMD) dan untuk melakukannya, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah #1 : Buka menu Run kemudian masukkan perintah cmd dan enter
  2. Langkah #2 : Setelah jendela command prompt terbuka, ketikkan perintahwmic dan enter
  3. Langkah #3 : Masukkan lagi perintah diskdrive get status kemudian sekali lagi tekan enter.
  4. Langkah #4 : Tunggu beberapa saat hingga laporan status hardisk muncul.

    Jika harddisk sehat pesan yang akan di tampilkan adalah "Status ok"

Share this

Previous
Next Post »